PROFIL USHULUDDIN 2019

PROFIL FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI ISLAM (FUSI) 
TAHUN 2017-2021


B.    Visi Dan Misi Fakultas Ushuluddin
Visi
Terdepan mewujudukan kejayaan Islam dan penerapan ilmu-ilmu keagamaan tahun 2025.
Misi
Dalam rangka upaya mewujudkan visi tersebut Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara memiliki misi sebagai berikut:
1.    Mempersiapkan sistem pendidikan dan sumber daya manusia terdidik yang memiliki kedalaman dan keluasan ilmu-ilmu dasar keislaman serta keimanan yang kokoh dan berakhlakul karimah.
2.    Mengkaji dan mengembangkan  ilmu-ilmu keislaman yang dilaksakan melalui kegiatan studi khazanah keilmuan Islam, penelitian lapangan dan analisis pemikiran kontemporer.
3.    Memasyarakatkan dan menerapkan pengetahuan ilmu-ilmu keislaman dalam rangka memecahan masalah sosial keagamaan ditengah masyarakat.


 
PROGRAM STUDI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM

B.    VISI MISI

Misi
1.    Mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran di bidang Ilmu Aqidah dan Filsafat Islam secara integratif interkonektif berbasis transdisipliner.
2.    Memperluas dan memperkaya kajian-kajian Ilmu Aqidah dan Filsafat Islam melalui penelitian multidisipliner dan transdisipliner secara berkesinambungan, berwawasan kearifan lokal, keindonesiaan, dan kemodernan.
3.    Menyebarluaskan hasil-hasil kajian Ilmu Aqidah dan Filsafat Islam dalam membangun peradaban Islam dan kebudayaan Islam. Memberikan konstribusi dalam menyelesaikan persoalan bangsa. Memperkaya kebudayaan nasional dengan menjalin kerjasama yang produktif dan inovatif dengan berbagai pihak dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), terutama dalam bidang Ilmu Aqidah dan Filsafat Islam.

PROGRAM STUDI AGAMA – AGAMA ( SAA )
A.    Struktur Organsasi
Ketua Prodi : Dra. Husna Sari Siregar, M.Si
Sekretaris Prodi: Dr. H. Indra Harahap, MA
Staff / Operator : Fitriani, M.Ag          

C.    PROGRAM
1.    Program  Studi Ilmu Agama-Agama menyelenggarakan perkuliahan pada tingkat strata satu selama delapan semester minimal 144 SKS (Sistem Kredit Semester) berbasis KKNI (Kualifikasi Kurikulum Nasional Indonesia)
2.    dengan bobot mata  kuliah sebagian besar seputar ilmu perbandingan agama-agama seperti mata kuliah : Sejarah agama, ilmu perbandingan agama I, II, aliran kepercayaan, agama-agama besar dunia, kristologi, hubungan antar agama, antropologi agama, pluralisme dan multikulturalisme, metode penelitan ilmiah perbandingan agama, metodologi studi agama, filsafat agama, psikologi agama, sosiologi agama, kerukunan umat beragama di Indonesia, hinduisme / budhisme, agama dan perdamaian, dan kutub muqaran adyan. 
3.    Selain daripada mata kuliah di atas, Studi Ilmu Agama-Agama juga mewajibkan mahasiswa minimal hafiz 2 juz dibuktikan dengan sertifikat dari LPTQ Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam. 

B.    Visi dan Misi
Visi
Unggul dan terkemuka dalam bidang Alquran dan Tafsir ayat-ayat saintifik pada tingkat regional tahun 2025 berbasis integrative-interkonektif dan transdisiplin.

C.    Program
1.    Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir menyelenggarakan perkuliahan pada tingkat strata satu selama delapan semester minimal 144 SKS (Sistem Kredit Semester) berbasis KKNI (Kualifikasi Kurikulum Nasional Indonesia) 
2.    dengan bobot mata kuliah sebagian besar seputar Ilmu Alquran dan Tafsir Alquran seperti mata kuliah Alquran, Alquran (tafsir ayat : Iman, Islam dan Ihsan), Ulum Alquran I, II, III dan IV, Tafsir Tematik, Tafsir Ayat Kauniyah, Tafsir Ahkam, Tafsir Muqarin, Tafsir Tahlili, Tafsir Sosial, Tafsir Budaya, Qawaid Tafsir I dan II, Kajian Tematik Alquran; Politik, Muamalah, Hukum dan lain sebagainya.
3.    Selain beberapa mata kuliah tersebut di atas, Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir juga menyelenggarakan program unggulan Tahfiz Alquran minimal 5 Juz dan Tahsin Alquran yang dikemas dalam sistem SKS dan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan ToT (Training of Trainer) untuk menghasilkan ahli Alquran aplikatif dalam masyarakat dan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi atau Prodi-Prodi yang bersinergi baik dalam maupun luar negeri.

A. STRUKTUR ORGANISASI
Ketua Prodi        :  Drs. Muhammad Aswin, MAP
Sekertaris Prodi     : Muhammad Hidayat. MA
Staf Operator         : Wahyu Wiji Utomo M.Pem.I

Misi 
1.    Mempersiapkan sumber daya manusia terdidik yang memiliki keluasan wawasan dan pengimplementasian ilmu-ilmu bidang politik Islam berbasis keimanan, dan kepribadian yang kokoh dan berakhlakul karimah
2.    Mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran dalam bidang studi pemikiran politik Islam yang digali dari sumber-sumber otoritatif dan secara integratif-interkonektif berbasis transdisipliner.
3.    Meningkatkan tenaga peneliti yang kompeten dan memperkaya kajian Pemikiran Politik Islam melalui penelitian multi disiplin.
4.    Memperluas dan memperkaya  kajian-kajian tentang politik Islam, problema dan sejauh mana pengimplementasiannya ditengah kehidupan bangsa.
5.    Menyebarluaskan dan menerapkan pengetahuan hasil-hasil kajian pemikiran politik Islam dalam rangka meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kearifan masyarakat di Sumatera Utara maupun nasional.
6.    Meningkatkan kerjasama program studi dengan “stakeholder” dalam rangka pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang pemikiran politik Islam.

B.    Visi dan Misi
Visi
Unggul dalam kajian dan penerapan ilmu-ilmu hadis untuk memperkokoh pengembangan keislaman di Indonesia.
Misi
1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pengembangan studi Hadis sesuai dengan perkembangan keilmuan.
2.    Menumbuhkembangkan tradisi / kultur penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang keagamaan dan sosial.
3.    Mendorong penemuan keilmuan yang integrative antara studi Hadis klasik dan modern dengan ilmu-ilmu sosial-keislamaan.
4.    Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi hadis di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.

PROGRAM MAGISTER ( S2 ) ILMU ALQURAN DAN TAFSIR
A.    Struktur Organsasi
Ketua Prodi : Dr. H. Husnel Anwar Matondang, M.Ag
Sekretaris Prodi: H. Abrar M. Dawud Faza, MA
Staff / Operator : Idris Siregar, M.Ag
           : Ali Darta , MA

C.    PROGRAM
Program Magister (S2) Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) Secara rinci dapat diungkapkan sebagai berikut :
1.    Melahirkan ilmuan yang ahli dalam Ilmu Alquran danTafsir (mufassir).
2.    Melahirkan tenaga peneliti yang mumpuni dalam masalah Ilmu Alquran dan Tafsir dengan memanfaatkan metodologi keilmuan yang berkembang.
3.    Melahirkan praktisi yang profesional, mandiri dan mampu mengembangkan pemahaman dan penafsiran terhadap Alquran dalam konsep kekinian.
4.    Melahirkan akademisi yang berkualifikasi dan dedikatif dalam bidang Ilmu Alquran dan tafsir untuk lembaga pendidikan tinggi dan sederajat.
5.    Menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir yang berkualitas dan bermanfaat bagi umat. 
6.    Melahirkan hafiz Alquran minimal 10 juz secara Tahsin dan Tartil 
Rencana dan Strategi
Rencana dan Strategi Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam UIN Sumatera Utara Tahun 2017-2021 dituangkan dalam 8 kebijakan pokok, yaitu:
1.    Pengembangan kelembagaan yaitu membuka prodi-prodi baru, Program Magister (S2) Ilmu Alquran dan Tafsir, Akidah dan Filsafat Islam, pemikiran politiik Islam dan ilmu Hadis dan yang akan diupayakan adalah prodi resolusi konflik dan penanganan bencana. Untuk meningkatkan kualitas dan peringkat akreditasi lembaga, ditargetkan tahun 2021, sebanyak 70 % program studi sudah memilik akreditasi A
2.    Pengembangan pendidikan dan pengajaran dilakukan dengan: 
a.    Pengembangan dan pemukhtakhiran kurikulum, penulisan buku teks daras (pembelajaran), peningkatan penggunaan IT dalam pembelajaran, peningkatan kompetensi dosen melalui kegiatan studi lanjut (S3), Workshop dan pelatihan serta melengkapi dokumen mutu dan SOP pembelajaran
b.    Peningkatan ketersediaan prasarana dan saran pendidikan, dan pembelajaran yang bermutu
c.    Keunggulan berbasis transdisiplin dengan membentuk tim khusus transdiscipline  dan workshop keilmuan transdiscipline 
d.    Peningkatan mutu input mahasiswa dengan mensosialisasikan Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam, peningkatan mutu seleksi penerimaan mahasiswa baru
e.    Peningkatan akademik mahasiswa dengan mutu Proses Belajar Mengajar berbasis IT dan riset, p
f.    eningkatan mutu pembimbingan mahasiswa, melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, Upload hasil-hasil penelitian atau tugas akhir mahasiswa di web institut, penerbitan tugas akhir mahasiswa dalam jurnal ilmiah dan penerapan Toefl, Toafl, dan hafal Alquran minimal dua juz sebagai syarat kelulusan
g.    Peningkatan kualitas tenaga pendidik dengan jenjang pendidikan 70% doktor 
3.    Pengembangan penelitian dan karya ilmiah, melalui jumlah penelitian dosen sebanyak 60 % setiap tahun yang diterbitkan dalam jurnal nasional dan internasional, penyertaan tenaga pendidik dalam dan luar negeri dalam peningkatan kualitas jurnal ilmiah sistem OJS dan terakreditasi secara nasional, dan penerbitan buku-buku daras yang diterbitkan secara nasional.
4.    Pengembangan pengabdian kepada masyarakat berbasis transdisiplin ilmu dengan membentuk desa-desa percontohan anti permurtadan dan desa kerukunan.
5.    Pengembangan manajemen dengan peningkatan kualitas pimpinan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan sistem transparasi dan kepemimpinan kologial
6.    Pengembangan prasarana dan sarana pendidikan melalui penambahan  ruang belajar dan alat pembelajaran, penyediaan perpustakaan digital dan online, pengadaan laboratorium, sarana olahraga dan kesenian
7.    Pengembangan dan kerja sama dengan program intensifikasi kerjasama dan mengevaluasi efektivitas dari kerja sama tersebut serta perintisan kerja sama baru dengan lembaga-lembaga yang relevan terhadap core business Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam di dalam negeri dan luar negeri.
8.    Pengembangan mahasiswa dan alumni dengan pengembangan minat dan bakat mahasiswa, sosialisasi dan internalisasi akhlakul karimah, etika akademik dan budaya damai serta optimalisasi ikatan alumni Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam, UIN Sumatera Utara Medan.
Nama-Nama Dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam
NO    NAMA    NIP    Gol    NIDN    MATA KULIAH 
1    2    3         4    5
1    PROF. DR. H. KATIMIN, MA.    196507051993031003    IV/d    2005076502    Sejarah politik Islam 
2    DR. H. ARIFINSYAH, M.Ag.    196809091994031004    IV/c    2009096802    Ilmu Perbandingan Agama
3    Drs. KAMALUDDIN, M.A    195907021986031006    IV/c    2002075901    Ilmu Perbandingan Agama
4    Drs. H. MUSADDAD LUBIS, M.Ag.    195612121983031004    IV/c    2012125601    Tasawuf 
5    Dr. Hj. DAHLIA LUBIS, M. Ag    195911101986032004    IV/c    2010115901    Aliran Kepercayaan
6    Dr. Hj. HASNAH NASUTION, M.A.    196906261995032003    IV/b    2026066901    Filsafat Agama
7    Drs. MARAIMBANG, MA    196906291997031003    IV/a    2029066903    Fenomenologi Agama
8    Drs. MUHAMMAD, M.A.    195912311990021004    IV/a    2031125910    Bahasa Arab
9    Dr. ARMIN NASUTION M.A.    195612171991031001    IV/a    2001046803    Pemikiran Moderen Dalam Islam
10    Dr.ADENAN, S.Ag., M.A.    196906151997031002    IV/a    2015066905    Filsafat Islam
11    Drs. H. PARLUHUTAN SIREGAR, M.Ag.    195712311988031012    IV/a    -    Pemikiran Teologi Islam Moderen
12    Dra. H. MARDHIAH ABBAS, M.Hum    196208211995032001    IV/a    -    Filsafat Agama
13    Drs. H. ABD. HALIM , MA    196307312000031001    IV/a    2031076301    Bahasa Arab
14    Dr. HUSNEL ANWAR MATONDANG, M.Ag    197012272005011004    III/d    2027127002    Islamologi
15    Dra. HUSNA SARI SIREGAR, M.Si    196804011989122001    III/d    2001046803    Ilmu Budaya Dasar
16    Dr. H. SUGENG WANTO, M.Ag.    197710242007101001    III/d    2024107701    Metodologi Studi Islam
17    MUHAMMAD ASWIN, M.AP    196808172003121003    III/d    2017086804    Ilmu Tata  Negara
18    Dra. ELLY WARNISYAH HARAHAP, M.Ag.    196703202007012026    III/d    2020036702    Dasar-Dasar Pemikiran Islam 
19    MUHAMMAD HIDAYAT,  M.A.    197702132007101001    III/d    2013027702     Fiqh/Ushul Fiqh
20    Dr. H. INDRA, M.A.    196312312006041030    III/d    2031126311    Aliran Kepercayaan
21    SITI ISMAHANI, M.Hum    196905031999032003    III/d    2003056903    Bahasa Inggris
22    MUNANDAR, M.Th.I    198301042011011006    III/d    201019766    Ilmu Hadis
23    ABRAR M. DAUD FAZA, MA.    197911292009121003    III/d    201005783    Tasawuf
24    MARDIAN IDRIS HARAHAP, M.Ag    197707182005011008    III/d    2018077702    Filsafat Politik Islam
25    AHMAD PERDANA INDRA, M.Ag    197601272005011008    III/d    2027017601    Ushul Fiqh
26    Drs. H. SYUKRI, M.Ag.    195711141996031001    III/d    2014115701     Ilmu Al-quran
27    JUNAIDI, M.Si.    198101022009121009    III/d    201004801    Komonikasi Politik
28    Dr. H. NUR AISYAH SIMAMORA, M.A.    197905082009012008    III/d    2008057901    Tafsir ayat-ayat Siyasah
29    FAISAL RIZA, M.A.    198206072009121004    III/d    201005779    Pemikiran Politik Islam
30    ISMET SARI, M.Ag    197401102007101002    III/d    2010017402    Filsafat Barat Modern
31    Dr. H. SAFRIA ANDY,MA    197602292014111001    III/d    201604085    Ilmu Tasawuf
32    Drs. ABU SAHRIN, M.Ag.    196710272000031002    III/c    2027106702    Metodologi Penelitian Filsafat
33    H. MUHAMMAD ALI AZMI NASUTION, M.A.    197405012006041002    III/c    2001057404    Ilmu Tauhid
34    SALAHUDDIN HARAHAP, MA    197810082008011011    III/c    2008107802    Filsafat 
35    Dr. MUHAMMAD ALFIKRI, M.Si    198303232010011026    III/c    230004780    Komunikasi Politik
36    Dr. H. M. ROIHAN NASUTION, M.A    196008172014111001    III/c    230013659    Bahasa Arab
37    UQBATUL KHOIR RAMBE M.A.    197011032014111001    III/c    2013112001    Metodologi Studi Islam
38    NURLIANA DAMANIK, MA    197101152014112001    III/c    201604079    Metodologi Studi Islam
39    Dra. ENDANG EKOWATI, MA    196901162000032002    III/b    2016016902    Agama-Agama Besar Di Dunia
40    SHOLAHUDDIN ASHANI,M.Si    198202092011011008    III/b    201019772    Tafsir Filologi
41    APRILINDA M. HARAHAP, M.Ag    197404122014112001    III/b    2012047405    Metodologi Studi Agama
42    HOTMATUA PARALIHAN, MA    197308102014111001    III/b    201604081    Filsafat Ilmu
43    AGUSMAN DAMANIK, MA    197608282014111001    III/b    230014663    Ilmu Tasawuf
44    MUHAMMAD NUH SIREGAR, MA    197706112014111001    III/b    201019766    Ilmu Hadis
45    FADHILAH IS, M.TH    198810242018012000    III/b    230014663    Ilmu Hadis
44    NUR FADHILAH SYAM, M.Ag    199408112019032016    III/b         Ilmu Hadis
45    AULIA KAMAL, M.A    199008172019031017    III/b         Studi Agama-agama
46    FARID ADNIR, M.TH    198701042019031006    III/b         Ilmu Hadis
47    ERNAWATI BERU GINTING, M.Ag    199305222019032026    III/b         Ilmu Hadis
48    SITI ARDIANTI, M.TH    199106062019032022    III/b         Ilmu Hadis
49    SRI ULFA RAHAYU, M.TH    199009302019032024    III/b         Ilmu Hadis
50    YUZAIDI, M.TH    198910032019031009    III/b         Ilmu Alquran dan Tafsir 
51    MUHAMMAD AKBAR ROSYIDI DATMI, M.Ag    199107222019031010    III/b         Ilmu Alquran dan Tafsir 
52    FITRIANI, M.Ag    199204022019032030    III/b         Studi Agama-agama
53    WAHYU WIJI UTOMO, M.Pem.I    199009272019031009    III/b     2127099003    Aqidah dan Filsafat Isla
54    ALI DARTA, M.A    198310102019031007    III/b         Ilmu Hadis
55    ZULKARNAIN, M.Pem.I    199310222019031014    III/b         Aqidah dan Filsafat Isla
56    RYANDI, M.Ud    198711192019031006    III/b         Aqidah dan Filsafat Isla
57    WINDA SARI, M.TH    198912052019032021    III/b         Ilmu Hadis
58    IDRIS SIREGAR, M.Ag    199205062019031014    III/b         Ilmu Hadis

PROFILE OF USHULUDDIN FACULTY AND ISLAMIC STUDIES (FUSI)
YEAR 2017-2021

    The history of the Ushuluddin Faculty and Islamic Studies originated from the Ushuluddin Faculty which received approval from the Minister of Religion with Decree No. 193 of 1970 which was a change in the status of the Ushuluddin Faculty of Padang Sidempuan IAIN Imam Bonjol branch. At the inauguration on September 24, 1970, the group joined the Sharia Faculty  and the Tarbiyah Faculty of the IAIN Ar-Raniriy branch as the third requirement of the Faculty of the establishment of the IAIN SU. This effort succeeded with the issuance of the decision of the Minister of Religion of the Republic of Indonesia Number 97 in 1973 on September 19, 1973. At that time IAIN was officially opened by North Sumatra Minister of Religion Prof. Dr. Mukti Ali, M.A. Since then, the Tarbiyah and Sharia Faculty of IAIN Ar-Raniriy and the Ushuluddin Faculty have been officially resident in Padang Sidempuan transferred to Medan which was carried out in 1974 based on the decision of the Minister of Religion of the Republic of Indonesia Number 9 of 1974 dated February 18, 1974. have three majors: 1) Da'wah, 2) Comparative Religion, 3) Philosophy of Aqeedah
    In line with the change in IAIN Sumatra to become the State University of North Sumatra in accordance with the regulations of the President of the Republic of Indonesia Number 131 of 2014, the Ushuluddin Faculty changed its nomenclature to Faculties 1) Alquran Science and Interpretation, 2) Aqeedah of Islamic Philosophy, 3) Hadith Science, 4) Islamic Political Thought, 5) Study of Religions. In the Ushuluddin Faculty and Islamic Studies and in accordance with the times, the Alquran Study Program and Magister Interpretation (S2) were developed with the results of the Director General of Islamic Education Ministry of Religion of the Republic of Indonesia Number 106 of 2017.

 
C. Organizational Structure and Work Procedure

A.    ORGANIZATION STRUCTURE

Mision
1.    Developing an education and teaching system in the field of Aqeedah of Islamic Philosophy in an integrated transdisciplinary interconnectivity.
2.    Extending and enriching studies of Aqeedah of Islamic Philosophy through continuous multidisciplinary and transdisciplinary research, with insight into local wisdom, Indonesianness, and modernity.
3.    Disseminate the results of the study of Aqeedah of Islamic Philosophy in building Islamic civilization and Islamic culture. Contributing in resolving the nation's problems. Enriching national culture by establishing productive and innovative cooperation with various parties in the context of implementing the Tri Dharma of Universities, especially in the field of Aqeedah and Islamic Philosophy.

1.    The realization of Aqeedah of Islamic Philosophy that are professional and have competencies in the field of Aqeedah of Islamic Philosophy in an transdisciplinary integrative-interconnective manner
2.    The realization of an education and learning system in the study of Aqeedah and Islamic Philosophy
3.    Produce superior, foremost and professional researchers in the field of Aqeedah and Islamic Philosophy
4.    The creation of theories, the results of scientific research work in the field of Aqeedah and Islamic Philosophy
5.    The compilation of studies of the results of research in the field of Aqeedah and Islamic Philosophy
6.    Realization of scientific works in the field of Aqeedah and Islamic Philosophy
7.    Realization of the results of studies in the field of Aqeedah and Islamic Philosophy
8.    Establishing good cooperation with various stakeholders 

A.    ORGANIZATION STRUCTURE
Chairman Of The Department     : Dra. Husna Sari Siregar , M.Si
Secretary Of The Department     : Dr. H. Indra Harahap, MA
Staff / Operator            : Fitriani, M.Ag          

Mision
1.    Carry out and develop education and teaching the Study of Religions integrally, interconnectively with a multi disciplinary and approach
2.    Carry out and improve research and studies in the field of Study of Religions in the context of developing concepts and implementation of comparative religion in society
3.    Implement and disseminate the results of the results of Study of Religions in an effort to internalize the knowledge, insight, and understanding of the community in the life relations of multi-religious, multi-ethnic and multi-cultural diversity
4.    Increasing strategic, productive, innovative and functional cooperation in departments with various parties in the context of implementing the Tridarma of Higher Education, especially in an effort to strengthen the management of life that is harmonious, harmonious and peaceful, both at the national level.

ALQURAN SCIENCE AND INTERPRETATION PROGRAM

Mision
1.    Developing education and teaching in the field of Alquran Sciences and the interpretation of scientific verses in a transdisciplinary, integrative-interconnected manner
2.    Extending and enriching the studies of the Alquran and the interpretation of scientific verses through continuous multi-disciplinary and transdisciplinary research, with insight into local wisdom, Indonesianness and modernity.
3.    Disseminate the results of the study of the Alquran and the interpretation of scientific verses in building Islamic civilization and Islamic culture and contribute in resolving the nation's problems and enriching national culture by establishing productive and innovative cooperation with various parties in the context of implementing the Tridarma of higher education, especially in the field of Alquran and Interpretation.

ISLAMIC POLITICAL THOUGHT PROGRAM

B.    Vision and Mission
Vision
Superior and foremost in education, research, service, development and application of political thought and its application based on Islamic values in national and regional life in 2025, based on integrative-interconnective and transdisciplinary.

C. PROGRAM
1.    Produce scholars who are professional and have scientific competence in the field of Islamic Political Thought integratively-interconnectively.
2.    The realization of an education and learning system in the study of Islamic Political Thought
3.    Produce superior and professional researchers in Islamic Political Thought thinking.
4.    Produce theories and works as a result of studies in the field of Islamic Political Thought that can apply the political system of modern life.
5.    The socialization of the results of studies in Islamic Political Thought
6.    Establishment of cooperation with various parties (stakeholders) for the advancement of education in the field of Islamic Political Thought

D.    Visi dan Misi
    Vision
Excellent in the study and application of Hadith Science to strengthen Islamic development in Indonesia.

E.    Program
1.    The Hadith Science Study Program holds lectures at the first level for eight semesters of at least 144 SKS (Semester Credit System) based on KKNI (Indonesian National Curriculum Qualification)
2.    with the weight of the course mostly around Hadith such as the subjects of Hadith in the Science of Hadith and Riwayah I, II, III, and IV, Thematic Hadiths; Faith, Worship, Ahkam, Social and Universe, Thought of Contemporary Hadiths, History of the Study of Hadith in Indonesia, Study of the Alquran and Hadith in the West, Kutub al-Hadis wa al-Muhaddisun, Analytical Hadith, Sharah of Contemporary Hadith and so on.
3.    In addition to the aforementioned courses, the Hadith Science Study Program also organizes the flagship Tahfiz Hadith program with at least 100 hadiths in complete sanad and matan. To give birth to hadith experts who are competent in their fields. The Hadith Science Study Program also collaborates with universities or study programs that work together both at home and abroad.

E.    VISION AND  MISION
Vision
    Excellent in the development of Alquran Science and Interpretation based on turast, science and technology to realize the Quranic society in the archipelago community in 2025.

F.    PROGRAM
Magister Program (S2) Alquran Science and Interpretation (IAT) in detail can be disclosed as follows:
1.    Giving birth to scientists who are experts in the Knowledge of the Alquran and Interpreters (Mufassir).
2.    Giving birth to a qualified researcher in the issue of Alquran Science and Interpretation by utilizing developing scientific methodologies.
3.    Give birth to practitioners who are professional, independent and able to develop an understanding and interpretation of the Alquran in the present concept.
4.    Give birth to qualified and dedicative academics in the field of Alquran Sciences and Interpretations for higher education institutions and equivalent.
5.    Produce scientific works in the field of Alquran and Interpretation that are of high quality and useful for the societies.
6.    Giving birth to a minimum of 10 juz of the Alquran in tahsin and tartil

1. Institutional development, namely opening new study programs, Magister Program (S2) in Science Alquran and Interpretation, Aqeedah and Islamic Philosophy, Islamic Political Thought and Hadith knowledge and what will be attempted is Conflict Resolution Study Programs and Disaster Management, to improve the quality and ranking of institution accreditation, targeted in 2021, as many as 70% of study programs already have A accreditation
2. Development of education and teaching is carried out by:
a. Development and updating of curriculum, writing of textbooks (learning), increasing use of IT in learning, increasing competence of lecturers through Doctoral Education (S3), workshop and training also completing quality documents and SOP of learning
b. Increased availability of infrastructure and educational facility, and quality learning
c. Transdisciplinary excellence is based on transdiscipline scientific and transdiscipline team work
d.. Improving the quality of student input by disseminating the Ushuluddin Faculty and Islamic Studies, improving the quality of new student admissions
e. Academic enhancement of students with the quality of the Teaching and Learning Process based on IT and research, improving the quality of student guidance, involving students in lecturer research, Uploading research results or final assignments at the web institute, publishing final assignments in scientific journals and applying Toefl, Toafl, and memorizing the Alquran at least two juz as a graduation requirement
f. Improving the quality of teaching staff with 70% doctoral education
3. Development of research and scientific work, through the amount of 60% lecturer research every year published in national and international journals, the inclusion of domestic and foreign  in improving the quality of the OJS scientific journal system and nationally accredited, and the publication of national books. published nationally.
4. Development of service to community by forming sequential villages for anti-apostasy and harmony villages.
5. Development of management by improving the quality of leaders, educators and education personnel with a system of transparency and cologial leadership
6. Development of educational infrastructure and facilities through the addition of study rooms and learning tools, provision of digital and online libraries, procurement of laboratories, sports and arts facilities
7. Development and cooperation with the intensification of cooperation programs and evaluating the effectiveness of such cooperation as well as pioneering new cooperation with institutions relevant to the core business of the Ushuluddin Faculty and Islamic Studies in the country and abroad.
8. Development of students and alumni by developing student interests and talents, socialization and internalization of morality, academic ethics and a culture of peace and optimization of alumni ties at the Ushuluddin Faculty and Islamic Studies, State Islamic University of North Sumatra Medan.


?
???? ?? ???? ???? ????? ? ???????? ????????? ??? 2017-2021 ???????

??.    ???? ? ???? ???? ???? ????? ? ???????? ?????????
??????
????? ?? ????? ??? ??????? ?????? ?????? ??????? ?? ??? 2025 ?.
??????
?? ?????? ?????? ??? ??????? ???? ???? ???? ????? ????????? ????????? ??????? ????????? ???????? ???????? ???????? ??????? ???????:
1. ????? ?????? ???????? ???????? ??????? ???????? ???? ??? ??? ?????? ?? ?????? ????????? ???????? ????? ??????? ????? ???????? ???????.
2. ?????? ?????? ?????? ????????? ??????? ?? ???? ????? ?????? ??????? ????????? ?????? ???????? ?????? ????? ???????.
3. ??????? ????????? ?????? ????? ?????? ????????? ?? ??? ?? ???????? ?????????? ???????? ?? ???????.


 
??? ??????? ? ??????? ?????????

??.    ?????? ? ??????
??????
???? ?? ????? ?????? ?????? ???? ??????? ???????? ????????? ?? ????????? ??? 2025.
??????
1. ????? ???? ??????? ???????? ?? ???? ???? ??????? ???????? ????????? ?? ????? ?????? ????? ????????.
2. ????? ?????? ?????? ???? ??????? ???????? ????????? ?? ???? ?????? ???????? ?????? ???????? ? ??? ???????? ? ?? ???? ????? ?? ?????? ??????? ? ???????????? ? ????????.
3. ??? ????? ????? ???? ??????? ???????? ????????? ?? ???? ??????? ????????? ???????? ?????????. ????????? ?? ?? ????? ?????. ????? ??????? ??????? ?? ???? ????? ????? ???? ?????? ?? ????? ??????? ?? ???? ????? ??? ????? ???????? ? ????? ?? ???? ??????? ???????? ?????????.

??.    ????? ???????
???? ??? ??????? ? ??????? ?????????: ??????????? ???? ???? ???????? ?????????
??????? : ?/ ????? ????? ?????? ? ?????????
?????? : ??????? ? ?????????

?. ????????
1. ???? ??? ????? ??????? ??????? ?? ?????????? ???? ?????? ???? ??? ????? 144 ???? ?????? (???? ???????? ????? ???????) ??? ???? KKNI (??????? ?????? ??????? ???????????)? ?? ??? ?????? ??? ???? ??????? ??????? ??? ????: ????? ????? ? ???? ?????? ??????? I ? II ? ?????? ??????? ? ??????? ?????? ?? ??????? ??????????? ???????? ??? ??????? ? ?????????????? ??????? ? ???????? ???????? ? ??? ????? ?????? ????? ??????? ? ?????? ???????? ??????? ? ????? ????? ? ????????? ????? ? ?????????? ????? ? ????? ????????? ?? ????????? ? ????????? / ??????? ? ????? ??????? ? ? ??? ?????? ???????.
? ???????? ??? ?????? ???????? ???????? ????? ? ????? ????? ???? ??????? ????? ?? ?????? ?? ?????? ??? ?? ?? ??? ??  ????? ?? ?????? ?????? ???? ?????? ?????? ?? ????? ????? ????? ????? ?????? ???? ???? ????? ????????? ?????????.
?
??? ???? ?????? ? ???????
??.    ????? ???????
???? ??? ??????? ? ??????? ?????????: ? / ????? ?????? ????? ? ?????????
??????? : ???? ???????? ? ?????????
?????? : ????? ? ?????????
???? ???? ????? ???? ? ?????????

?. ????????
???? ??? ???? ?????? ???????? ??????? ?? ?????????? ???? ?????? ???? ??? ????? 144 ???? ?????? (???? ???????? ????? ???????) ??? ???? KKNI (??????? ?????? ??????? ???????????) ?? ??? ?????? ???????? ?????? ??? ???? ?????? ???????? ??? ? ?????? (??????? ?????: ???????  ??????? ??????) ? ???? ?????? ????? ??????? ??????? ??????? ? ??????? ???????? ? ????? ???? ????? ? ????? ???? ??????? ? ????? ????? ? ????? ???????? ? ??????? ????????? ? ??????? ??????? ? ????? ??????? ????? ??????? ? ???????? ???????? ????????? ? ??????? ? ???????? ? ????????? ??? ??? ???.
? ???????? ??? ?????? ???????? ???????? ????? ? ???? ??? ???? ?????? ???????? ????? ????????  ?????? ?????? ??? ????? ???? ??????? ? ????? ????? ?????? ???? ??? ??????? ?? ???? SKS ???????? ????????? ??? ????? ???????? (ToT) ?????? ????? ?????? ?????????? ?? ??????? ???????? ?? ???????? ?? ??????? ???????? ???? ??? ??????? ?? ?????? ??????? ??? ??????.
??? ????? ??????? ????????
??.    ????? ???????
???? ??? ????? ??????? ???????? : ???????????? ???? ?????? ?????????
???????:  ???? ??????? ?????????
?????? : ???? ???? ??????? ?????????

?.  ????????
1. ????? ????? ?????? ?????? ?????? ????? ?? ???? ????? ??????? ???????? ???? ?????? - ??????.
2. ????? ???? ??????? ??????? ?? ????? ????? ??????? ????????
3. ????? ???????? ????????? ?????????? ?? ????? ??????? ????????.
4. ????? ?????? ?????? ????? ???????? ?? ???? ????? ??????? ???????? ???? ???? ?? ???? ?????? ??????? ??????? ???????.
5. ??? ????? ???????? ?? ????? ??????? ????????
6. ????? ????? ?? ????? ??????? ?????? ???????? ?? ???? ????? ??????? ????????

?. ????????
1. ???? ?????? ????? ???? ?????? ??????? ?? ??????? ????? ???? ?????? ???? ?????? ??? ????? 144 SKS (???? ???????? ????? ???????) ??? ???? KKNI (??????? ?????? ??????? ???????????)
2. ?? ??? ?????? ?? ?????? ??? ?????? ??? ?????? ?????? ?? ??? ?????? ?????   ??????  ????? ??????? ??????? ??????? ? ???????? ?????????? ? ??????? ? ??????? ? ????? ? ????????? ?????? ? ??? ???????? ???????? ? ????? ????? ?????? ?? ????????? ? ????? ?????? ??????? ?? ????? ? ???? ?????? ????????? ? ?????? ???????? ? ????? ???????? ???????? ? ???

?
????? ??????? ?? ??????? ????? ??????
??.    ???????
???? ?????    : ??????? ????? ??? ??????? ????????? ?????????
???? ?????    : ????? ????? ???? ???? ???? ?????????
???? ?????    : ????? ??????? ?????????
          ??? ????? ????????? 

??????
????? ?? ????? ?????? ?????? ??????? ??? ???? ?????? ??????? ???????????? ?????? ??????? ??????? ?? ????? ???????? ?? ??? 2025.

?. ????????
?????? ????????? (S2) ?????? ???????? (IAT) ???????? ???? ????? ???? ??? ????? ??????:
1. ????? ??????? ????? ?? ????? ?? ????? ?????? ?????????? ???????? (???????).
2. ????? ???? ???? ?? ???? ???? ?????? ???????? ?? ???? ????????? ?? ????? ????????? ???????.
3. ????? ??????? ?????? ???????? ??????? ??? ????? ??? ?????? ?????? ?? ??????? ??????.
4. ????? ??????????? ???????? ?????????? ?? ???? ???? ?????? ?????????? ??????? ??????? ?????? ??? ???????.
5. ????? ????? ????? ?? ???? ?????? ???????? ??? ???? ????? ?????? ?????.
6. ????? ???? ?????? ??? ????? ???? ????? ?????? ??????

????    ?????    ??? ??????    ????????    ??? ???????    ??????
1    ?. ?. ????? ?????? ?????????    196507051993031003    IV/d    2005076502    ????? ??????? ?????????
2    ?. ????????? ?????????    196809091994031004    IV/c    2009096802    ??? ?????? ????????
3    ???? ????? ?????????    195907021986031006    IV/c    2002075901    ??? ?????? ???????
4    ????? ???? ???? ?????????    195612121983031004    IV/c    2012125601    ???? 
5    ?. ?????? ????? ???? ?????????    195911101986032004    IV/c    2010115901    ????? ??????????
6    ?. ?????? ???? ??????? ?????????    196906261995032003    IV/b    2026066901    ????? ??????? 
7    ????????? ?????????    196906291997031003    IV/a    2029066903    ????? ???????
8    ???? ?????????    195912311990021004    IV/a    2031125910    ????? ???????
9    ?. ????? ??????? ?????????    195612171991031001    IV/a    2001046803    ????? ???????? ?? ???????
10    ?. ????? ?????????    196906151997031002    IV/a    2015066905    ????? ???????
11    ????? ???????? ?????? ?????????    195712311988031012    IV/a    -    ?????? ??????? ????????? ????????
12    ?????? ????? ???? ?????????    196208211995032001    IV/a    -    ????? ?????
13    ????? ??? ?????? ?????????    196307312000031001    IV/a    2031076301    ????? ???????
14    ?. ??? ?????? ????????? ?????????    197012272005011004    III/d    2027127002    ????? ?????????
15    ???? ???? ?????? ?????????    196804011989122001    III/d    2001046803    ??? ????? ????????
16    ?. ????? ?????? ????? ?????????    197710242007101001    III/d    2024107701    ????? ??????? ?????????
17    ???? ????? ?????????    196808172003121003    III/d    2017086804    ??? ???? ??????
18    ???? ??????? ????? ?????????    196703202007012026    III/d    2020036702    ????? ?????? ?????????
19    ???? ????? ?????????    197702132007101001    III/d    2013027702    ????? ??????
20    ?. ????? ????? ?????????    196312312006041030    III/d    2031126311    ???? ?????????
21    ???? ??????? ?????????    196905031999032003    III/d    2003056903    ????? ??????????
22    ?????? ?????????    198301042011011006    III/d    201019766    ??? ??????
23    ????? ???? ???? ???? ?????????    197911292009121003    III/d    201005783    ????
24    ????? ????? ????? ?????????    197707182005011008    III/d    2018077702    ????? ??????? ?????????
25    ???? ??????? ?????????    197601272005011008    III/d    2027017601    ???? ????? 
26    ????? ???? ?????????    195711141996031001    III/d    2014115701    ??? ?????? 
27    ?????? ?????????    198101022009121009    III/d    201004801    ??????? ??????? ?????????
28    ?????? ??? ????? ???????? ?????????    197905082009012008    III/d    2008057901    ????? ???? ????????
29    ???? ???? ?????????    198206072009121004    III/d    201005779    ?????? ??????? ?????????
30    ?????? ???? ?????????    197401102007101002    III/d    2010017402    ????? ????? ????????
31    ?. ????? ?????? ???? ?????????    197602292014111001    III/d    201604085    ????
32    ??? ????? ?????????    196710272000031002    III/c    2027106702    ????? ??? ????????
33    ????? ???? ??? ???? ???????? ?????????    197405012006041002    III/c    2001057404    ??? ???????
34    ???? ????? ????? 
?????????    197810082008011011    III/c    2008107802    ?????
35    ?. ???? ????? ?????????    198303232010011026    III/c    230004780    ??????? ????????
36    ?. ????? ???? ????? ???????? ?????????    196008172014111001    III/c    230013659    ????? ???????
37    ???? ????? ????? ?????????    197011032014111001    III/c    2013112001    ????? ????? ?????????
38    ??? ????? ?????? ?????????    197101152014112001    III/c    201604079    ????? ????? ?????????
39    ?????? ??????? ?????????    196901162000032002    III/b    2016016902    ????? ?????? ?? ??????
40    ???? ????? ????? ?????????    198202092011011008    III/b    201019772    ????? ??????
41    ????????? ? ????? ?????????    197404122014112001    III/b    2012047405    ??? ??? ?????
42    ???????? ???????? ?????????    197308102014111001    III/b    201604081    ????? ?????
43    ??????? ?????? ?????????    197608282014111001    III/b    230014663    ??? ????
44    ???? ??? ?????? ?????????    197706112014111001    III/b    201019766    ??? ??????
45    ????? ??? ?????????    198810242018012000    III/b    230014663    ??? ??????
46    ??? ????? ??? ?????????    199408112019032016    III/b        ??? ??????
47    ????? ???? ?????????    199008172019031017    III/b        ????? ?????????
48    ???? ????? ?????????    198701042019031006    III/b        ??? ??????
49    ????????? ???? ??????? ?????????     199305222019032026    III/b        ??? ??????
50    ???? ???????? ?????????    199106062019032022    III/b        ??? ??????
51    ???? ???? ?????? ?????????    199009302019032024    III/b        ??? ??????
52    ?????? ?????????    198910032019031009    III/b        ??? ?????? ???????
53    ???? ???? ????? ???? ?????????    199107222019031010    III/b        ??? ?????? ???????
54    ??????? ?????????    199204022019032030    III/b        ????? ???????
55    ???? ???? ?????? ?????????    199009272019031009    III/b        ????? ????????
56    ??? ????? ?????????    198310102019031007    III/b        ??? ??????
57    ?? ??????? ?????????    199310222019031014    III/b        ????? ?????? ?????????
58    ?????? ?????????    198711192019031006    III/b        ????? ?????? ?????????
59    ????? ???? ?????????    198912052019032021    III/b        ??? ??????
    ????? ???????????????    199205062019031014    III/b        ??? ??????